Untuk Kalian yang Belum Diloloskan di PTN

Jujur, untuk kalian yang belum mendapatkan PTN dan masih harus berjuang untuk mendapatkannya, kalian sungguh sangat keren, keren banget deh. Kenapa? 

1. Allah cinta kalian

Dicintai sama sang pencipta itu hal yang sangat harus disyukuri loh, gak semua orang diistimewakan oleh-Nya. Dalam sebuah hadis disebutkan, “Sesungguhnya jika Allah mencintai suatu kaum, Ia akan mendatangkan cobaan kepada mereka. Dan barang siapa rela dengan ujian itu, dia akan memperoleh kerelaan-Nya. Barang siapa yang membencinya, dia akan memperoleh kebencian-Nya.” (HR. Tirmizi, 2396 dan Ibnu Majah, 403)

2. Kalian lebih memahami arti perjuangan. Dengan ditundanya kelulusan kalian, kalian gak akan sembrono lagi. Nggak akan lagi mengecewakan orang tua kalian yang udah berharap akan kesuksesan kalian. Kalian akan lebih paham kalau gak ada yang instan dalam kesuksesan dan pastinya tingkat tanggung jawab kalian akan meningkat drastis.

Oh ya, mungkin kalian pernah menyalahkan Allah kenapa kalian gak dilulusin aja, menyalahkan takdir yang Allah buat, atau keputusan-Nya itu salah. (jujur, aku pernah) Tau nggak, saat kalian berfikir seperti itu kalian itu ga lebih dari makhluk yang sok tahu (termasuk saya). Tenang, Allah itu tahu yang terbaik buat kalian. Pasti ada hikmah di balik ujian kalian. Ada kakak dari temenku, 2 tahun yang lalu dia ditolak PTN dan kalian tahu apa yang terjadi setelah 9 bulan kemudian? Dia jadi hafidzah, kuy. Coba kalau dia diterima PTN, mana sempet dia hafalan apalagi jadi hafidzah. Dan jadi hafidzah itu lebih keren dari sekadar kalian diterima di ITB, UI, UGM, dll. 

Semangat untuk kalian. Inget, sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. Man jadda wajada (Barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil, Insya Allah) šŸ˜Š 

Banyuwangi, 19 Juni 2017 | 24 Ramadhan 1438 H

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s