Tag Archives: sbmptn

Pesan 2017 teruntuk 2018

Pesan-pesan yang ada di bawah ini disampaikan oleh teman-teman saya yang sudah menyempatkan diri mengisi form survey saya. Mereka menulis ini untuk kalian, adek-adek yang akan melanjutkan perjuangan melawan kebodohan. We care so that we share.

Buat kamu yang masih SMA, harap tidak membaca pos ini karena dikhawatirkan akan ada efek samping yang ditimbulkan. Kalau kalian masih di sekolah fokuslah belajar dan jangan sekali-kali membaca pos ini. Kalau sudah di rumah baru boleh. (Apaan si?)

And here we go…

  • Jangan terlalu percaya sama omongan sendiri. Turutin maunya orang tua supaya di ridhoi tuhan dan jalan kalian menuju sukses dibuka lebar

 

  • SNMPTN GAK BISA DIANDALKAN. BELAJAR SBM DARI SKRG.

 

  • Terus semangat, jangan suka main-main, belajar yang giat kalau memang pengen masuk di jalur snmptn, karena katanya selain nilai raport, nilai un juga dipertimbangkan, tapi jangan lupa ya untuk jaga jaga sbmptn juga diperlukan, setelah un, kalau bisa jangan main main, daftar buat snmptn, terus daftar juga buat sbmptn, terus belajar juga buat sbmptn, jaga jaga aja guys 😊 jangan sampai terlena ya kaya pengalaman dari temen temenku ada beberapa oke, semangat 💪

 

  • Semangat. Gaada yg ga mungkin. Aku fisika kelas 10 dpt 7 aja masih bisa lolos SNMPTN ITB kok wkwk. Tapi jangan lupa belajar buat SBMPTN biar ga kepontalan semisal dpt tanda merah di SNMPTN hehhe

 

  • Banyak yg bilang snmptn itu cm faktor keberuntungan aja, tapi menurutku si ga gitu. Ptn pasti mempertimbangkan prestasi yg kita setorkan. Tp jg bukan berarti prestasinya bagus langsung pd lolos snmptn, liat pilihan fakultas/ptnnya juga. Jangan lupa berdoa sama Allah SWT dan minta doa restu ortu ya :))

 

  • Dek, jangan terlalu terpacu sama SNMPTN, ya. Mohon maaf, bukannya ingin membuat mental kalian down atau semacamnya. Cuma ingatlah, SNMPTN itu bukan segalanya, masih banyak cara dan jalan menuju Merbabu. Kalau ada teman sekelas atau teman dekat kalian yang mendapat SNMPTN, sedang kalian tidak, jadikan itu acuan untuk kalian menjadi lebih semangat kedepannya. Masa, sih, kalian gak pengen nyusul teman-teman kalian yang udah dapat ‘rumah’ untuk masa depannya? Dan, kalaupun SBMPTN gak bisa nerima kalian juga. Jangan berkecil hati. Jangan selalu lihat keatas, gak baik. SNMPTN itu gak ada yang tau bagaimana cara menilai atau dalamnya gimana. Banyak istighfar dan berdoa kepada Sang Pencipta serta faktor keberuntungan, InshaaAllah kalian lulus. Semangat!

 

  • Buat kalian yg punya Ambisi buat ngejar prodi dan univ favoritmu, BELAJAR TERUS! SIAPIN BUAT SBMPTN, JANGAN TERLALU BERHARAP KE SNMPTN! Masukin prodi di univ favoritmu aja buat SNMPTN, misalnya cm satu pilihan FTSL ITB aja. SNMPTN bukan akhir dr segalanya, usaha penting, Doa jg penting, Menghormati guru itu paling penting. Buat kalian yg mungkin maunya masuk lewat SNMPTN, gpp, mungkin pertimbangan kalian adalah Pilihan Orang Tua, SBM dan Mandiri ngabisin biaya (blm lg nunggu pengumumannya mendebarkan :v), ataupun capek dengan tes2 kyk sbm, itu semua adalah pilihan kalian dan kembali ke pribadi masing2.

 

  • Pilih saja sesuai minat dan bakatmu, jangan pikirkan masalah nilai, jumlah alumni, saingan dan hal-hal lain, jika Allah SWT memang memberimu jalan disitu, Insyaallah bisa diterima, jika tidak diterima masih ada jalur yang lain, ITB saja mempunyai 3 jalur (Actually, there are only two selection in ITB), jika tidak diterima di semua jalur, coba tahun depan, atau coba langsung kerja, karena kuliah hanya membantumu mencapai kesuksesan, sedangkan yang memberimu jalan menuju kesuksesan adalah Allah SWT, bisa saja kesuksesanmu tidak harus lewat jalur kuliah, positive thinking saja selalu.

 

  • Untuk adek-adek, setelah aku merenungi semuanya aku ga akan bisa kuliah di ITB kalau bukan lewat jalur SNMPTN karena aku ngerasa persiapan aku buat SBMPTN masih belum cukup. Pesenku, dari awal kelas 12 kalau kamu punya target yang muluk–kuliah di ITB, UI, atau UGM–kamu harus cari temen yang sevisi sama kamu, supaya kalian sama-sama berjuang. Berjuang sendirian itu gak enak dek. Kalau kamu berjuang bareng, insyaallah semuanya bakalan merasa mudah. Kalau kamu belajar, jangan cuma ngapalin rumusnya doang, cari tahu kenapa rumusnya bisa gitu. Oh ya, kalau ada orang yang nyemooh pilihan kamu, jadikan cemoohan itu sebagai ajang buat kamu nunjukkan ke mereka kalau apa yang mereka katakan salah. Kalau hidup itu jangan kaya air ngalir, dek. Pada tau kan kalau air ngalir itu selalu ngalir ke tempat yang rendah? Kamu harus pasang target yang muluk–kuliah dek. Kalau punya mimpi jangan setengah-setengah. Kamu punya Tuhan yang maha tinggi. Semakin tinggi impian kamu semakin tinggi pula keyakinan kamu pada tuhan kamu. The last but not least, kalau kamu punya mimpi, selalu ceritakan ke kedua orang tua kamu, tahu kan ridha Allah itu bergantung pada ridha orang tua? Jadikan ridha orang tuamu selalu ada padamu supaya ridha Allah juga selalu menyertaimu. Mana Jadda wajada (siapa yang bersungguh-sungguh, ia akan berhasil insya Allah) 😊

 

  • Semangat coy

 

  • Saya nggak tahu sama apa yang paling berpengaruh tentang SNMPTN, nilai yang ‘naik terus’ juga belum tentu lolos (seperti saya). Jangan mencari aman memilih prodi SNMPTN, usahan mengisi prodi yang menjadi passion kalian (supaya ga nyesel kalo keterima, apalagi setelah keterima kalian gabisa ngikut SBM kan buat mencoba ulang meraih prodi impian). Jangan terlalu mengandalkan SNMPTN, anggap saja SNMPTN seperti lotre. Berbanggalah bagi kalian yang keterima di PTN lewat jalur SBMPTN daripada SNMPTN. Melalui SBMPTN, kalian akan bener2 berjuang untuk dapat meraih prodi impian kalian. Selamat berjuang adek-adek kelasku 🙂

 

  • Ketahuilah kemampuan dan kekuatan dirimu sebelum memilih.. dan selalu berfikir pantaskah jika anda memilih jurusan tersebut?? Jika pantas tan mantab maka pilihlah… sekian ^_^

 

  • Buat adik adik yang ikut jalur bidikmisi SNMPTN, hati hati ya. Pikir matang matang ttg bidikmisinya.. jika kiranya bidikmisi tidak akan diterima, jangan sekali kali memilih jalur bidikmisi SNMPTN. Karena pengalamanku, jika bidikmisi ditolak, maka penerimaan SNMPTN kalian DITOLAK. kalian sudah rugi waktu, rugi biaya, dan rugi ngga bisa ikutan tes SBMPTN (karena baftar ulang SNMPTN bareng sama tes SBMPTN). Cukup fatal akibatnya.

 

  • Fokus SBMPTN aja, seakan-akan pasti ditolak di SNMPTN.

 

  • Belajar SBMPTN pake zenius enak (Yeah, I agree with this one).

 

  • Sesuaikan pilihanmu dengan kemampuanmu

 

  • Jangan berharap pada SNMPTN. Karena ditolak SNMPTN itu lbh sakit dari pada sakit hati. Siapkan SBMTPN ajaa. Oh yaa, kencengin doa biar lolos dan barokah

 

  • semangat, terus belajar, percaya diri jangan lupa, berdoa pastinya, pasrah itu juga perlu:((

 

  • SNMPTN bukan hanya tentang rezeki saja, tetapi mempertahankan nilai selama 3 tahun yang bisa dibilang susah. Yakan temen2?

 

  • Berdoalah. Jangan asal pilih. Sebenernya aku agak nyesel pilihan 1 2 ku aku ganti unair krn awalnya aku pengen its. Tp alhamdulillah sebagai gantinya, pilihan ke3 melirikku. Dan itu bisa dibilang langka. Ganbatte buat adek2!!!

 

  • Intinya buat adek2 pilih jurusan yg sekiranya kalian mampu dan nyaman ya, jangan karna ikut2 temen, kan banyak tuh kadang yg gitu, terus rundingin juga sama ortu buat setiap pilihan yg adek2 mau ambil, karna restu ortu itu yg terpenting 🙂

 

  • Semamgat belajar, biar nanti bisa lolos SNMPTN YAH😊

 

  • Jangan terlalu muluk2 dalam memilih jurusan, perhatikan nilai kamu juga. Dan yang terpenting minta restu dari orang tua dan berdoa

 

  •  inget, usaha nomer satu, usaha dulu, kalo hasil itu rahasia Tuhan. Nilaimu harus bagus mulai awal sampek akhir. Fighting!!

 

  • Pilih jurusan yg kamu inginkan, jangan peduli dengan jumlah alumni di univ itu, jangan peduli dengan saingan satu ssekolahmu.

 

  • Ga usah kecewa. It’s just about lucky (:

 

  • Gausah terlalu ngarep, nanti sakit:)

 

  • Pesen saya pokoknya optimis,do’a terus,jngan muluk muluk kalau di snmptn tpi gk boleh di zona aman terus, ambil prodi yg bener gk boleh cmn coba coba, kalau mau ngmbil pilihan yg tinggi PD aja yg pnting do’a,usaha,optimis,dn tetep belajar buat SBMPTN

 

  • Semangat terus ya, inget! Masa depan yang cemerlang ga cuma di dapet di ptn ko. Jangan lupa siapin plan sebanyak-banyaknya biar kamu ga sampai terombang-ambing dan berakhir jadi pengangguran. Please, pengangguran di Indonesia udah banyak loh de:’)

 

  • Pilihlah ptn dengan rate yang bagus, mulai dari akreditasi hingga kualitas alumni alumni nya. Tapi lebih utama, pilihlah sesuai minat dan kemampuam kamu. Jangan sampai kepenggal di tengah2 kuliah

 

  • Seperti di awal tadi. Yg pertama harus bisa ngukur kemampuan diri sendiri. Lihat juga nilai rapor sebagai patokan mau lari kemana. Konsultasi sama guru atau kakak kelas yg dianggap bisa kasih saran. Ambil pilihan yang sesuai kemampuan, jangan gegabah! Ingat. Optimis boleh, tapi jangan ambisi.

 

  • SNMPTN itu ibarat undian. Jadi jangan terlalu diharapkan. Sebelum pengumuman snmptn, aku ikut bimbingan sbmptn di luarkota. Buat jaga2 lah, intinya dulu aku mikirnya gimana cara biar lolos sbm, belajar giat bgt. Tapi alhamdulillah keterima snmptn nya. Jadi bimbelnya cabut hehe

 

  • pertama lebih fokus ke minat jangan asal pilih. jangan terlalu berharap. tanya ada alumni ga? progresnya gimana terus jangan lupa doanya di kencengin

 

  • Hati2 ke PHP sama yang namanya SNMPTN. Jadi gausah berharap deh lebih baik nyiapin Sbm dari awal aja. Klo lolos SBMPTN itu rasanya lebih puas dari SNMPTN beneran.

 

  • Pilih jurusan sesuai kemampuan. Jangan terlalu tinggi walaupun nilai tinggi. Gak usah muluk2 intinya

 

Pesannya banyak yang bertolak belakang ya satu sama lain? Well, these suggestions were written with opinions of each people. So, use them wisely and do not just take it for granted. Be skeptical and critical, guys! But, the most important one is believe in yourself !

 

Untuk Kalian yang Belum Diloloskan di PTN

Jujur, untuk kalian yang belum mendapatkan PTN dan masih harus berjuang untuk mendapatkannya, kalian sungguh sangat keren, keren banget deh. Kenapa? 

1. Allah cinta kalian

Dicintai sama sang pencipta itu hal yang sangat harus disyukuri loh, gak semua orang diistimewakan oleh-Nya. Dalam sebuah hadis disebutkan, “Sesungguhnya jika Allah mencintai suatu kaum, Ia akan mendatangkan cobaan kepada mereka. Dan barang siapa rela dengan ujian itu, dia akan memperoleh kerelaan-Nya. Barang siapa yang membencinya, dia akan memperoleh kebencian-Nya.” (HR. Tirmizi, 2396 dan Ibnu Majah, 403)

2. Kalian lebih memahami arti perjuangan. Dengan ditundanya kelulusan kalian, kalian gak akan sembrono lagi. Nggak akan lagi mengecewakan orang tua kalian yang udah berharap akan kesuksesan kalian. Kalian akan lebih paham kalau gak ada yang instan dalam kesuksesan dan pastinya tingkat tanggung jawab kalian akan meningkat drastis.

Oh ya, mungkin kalian pernah menyalahkan Allah kenapa kalian gak dilulusin aja, menyalahkan takdir yang Allah buat, atau keputusan-Nya itu salah. (jujur, aku pernah) Tau nggak, saat kalian berfikir seperti itu kalian itu ga lebih dari makhluk yang sok tahu (termasuk saya). Tenang, Allah itu tahu yang terbaik buat kalian. Pasti ada hikmah di balik ujian kalian. Ada kakak dari temenku, 2 tahun yang lalu dia ditolak PTN dan kalian tahu apa yang terjadi setelah 9 bulan kemudian? Dia jadi hafidzah, kuy. Coba kalau dia diterima PTN, mana sempet dia hafalan apalagi jadi hafidzah. Dan jadi hafidzah itu lebih keren dari sekadar kalian diterima di ITB, UI, UGM, dll. 

Semangat untuk kalian. Inget, sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. Man jadda wajada (Barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil, Insya Allah) 😊 

Banyuwangi, 19 Juni 2017 | 24 Ramadhan 1438 H

SNMPTN #1

Di Indonesia–negara tercinta kita–ada 3 jenis jalur masuk yang umum di perguruan tinggi negeri. Apa saja?

  • Pertama, SNMPTN. SNMPTN adalah kependekan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau kata orang biasa disebut dengan jalur undangan.
  • Kedua, SBMPTN. SBMPTN adalah kependekan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ini mengandalkan tes tulis untuk penyaringan mahasiswa barunya.
  • Ketiga, mandiri. Tidak semua perguruan tinggi negeri di Indonesia membuka jalur mandiri. Sebut saja ITB. Dulu ITB ada ujian mandiri, namanya USM dan saya tidak tahu mengapa sekarang ITB meniadakan jalur mandiri. Jalur mandiri yang sering saya dengar dari teman-teman saya–maaf, saya tidak ikut mandiri sehingga saya kurang tau infonya–adalah SIMAK UI yang diadakan oleh UI, UTUL yang diadakan oleh UGM, SBMPTR yang diadakan oleh perguruan tinggi negeri yang ada di Regio Besuki seperti Universitas Jember dan Universitas Airlangga kampus Banyuwangi. Tahun ini–2017–ada beberapa PTN yang menggunakan nilai SBMPTN sebagai acuan seleksi mandiri misalnya Universitas Brawijaya dan ITS. Seperti yang kalian tahu, kalau kalian ingin mengikuti jalur mandiri, pasti ada uang lebih yang harus kalian bayar ketika kalian keterima. Jadi, gunakan jalur mandiri sebagai pilihan akhir kalian.

Karena saya diterima di PTN melalui jalur SNMPTN maka saya akan membahasnya lebih lanjut. Ada beberapa info yang harus kalian ketahui seputar SNMPTN. What are those?

  • SNMPTN itu seleksi pertama yang akan kalian lalui sebelum seleksi lain di PTN biasanya awal tahun. Kalau tahun saya seleksinya mulai bulan Februari.
  • Tidak semua siswa kelas 12 di sekolah kamu bisa ikut seleksi ini, tergantung kebijakan Dikti dan PTN di tahun seleksi kalian. Biasanya hanya berapa puluh persen saja dari siswa di sekolah kalian yang boleh mengikuti SNMPTN.
  • Seleksinya gratis karena ditanggung pemerintah.
  • Kalau kamu berencana mendaftar Bidikmisi, usahakan untuk menyelesaikan berkas pendaftaranmu sebelum pendaftaran SNMPTN dibuka. Ini untuk memudahkan seleksi Bidikmisimu ke depannya
  • Alumni tidak diperkenankan mengikuti SNMPTN. Jadi, sainganmu hanya teman seangkatanmu di seluruh Indonesia.
  • For further information, you can search in Google and type SNMPTN. And tadaa, all of informations you need will have already been available. Or you can visit http://www.snmptn.ac.id

Seperti yang telah saya jelaskan tadi kalau SNMPTN itu tidak lain adalah jalur undangan alias tanpa tes. Nah loh, kalau tanpa tes bagaimana dong sistem seleksinya?

  • Rapot. Nah, rapot ini menjadi andalan PTN untuk menyeleksi calon mahasiswa karena ketiadaan tes tulis. Nilai rapot yang dibutuhkan untuk seleksi berasal dari semester 1 hingga 5. Kamu tidak perlu lagi repot-repot memasukkan nilai rapot kamu karena PTN akan melihat nilai rapot kamu di PDSS–sejenis pangkalan data yang berisi nilai rapot kamu. Biasanya sekolah tiap semester sudah menyerahkan nilai kamu ke PDSS. Jadi, kamu tinggal menyocokkan kesesuaian data di PDSS dengan nilai rapot asli kamu.
  • Prestasi. Kalau kamu punya sertifikat di berbagai kejuaraan atau pelatihan atau apapun​, kamu wajib banget menyertakan sertifikat kamu dalam seleksi SNMPTN. Kenapa? Karena PTN akan lebih mempertimbangkan calon mahasiswa yang tidak hanya pintar di akademik saja tapi juga di non-akademik juga oke. Termasuk juga bagi kamu yang sering ikut lomba di bidang akademik seperti kimia, fisika, dan biologi boleh banget mengirimkan bukti keaktifan kamu ke panitia SNMPTN.
  • Akreditasi sekolah. Tingkat akreditasi sekolah kamu menentukan berapa banyak siswanya yang berhak mengikuti SNMPTN dan tiap tahun sepertinya selalu berubah kebijakannya–tergantung panitia SNMPTN. Jadi, jumlah siswa yang diterima di SNMPTN di sekolah yang akreditasinya A tentu berbeda dengan akreditasi B dan seterusnya.

    Info seputar seleksi PTN akan bersambung di post selanjutnya.
    Banyuwangi, 19 Juni 2017 | 24 Ramadhan 1438 H